Minggu, 03 Januari 2016

Review Jurnal Motivasi

Kelompok Kamboja
1.      Ami Nur Dianah
2.      Dimas Aryo Anandito
3.      Dinda Khairunissa
4.      Khairunnisa Fadhilah 
5.      Ni Komang Intan D.M 
6.      Oktavia Sabiela 

Judul Jurnal : Pengaruh Motivasi Diri Terhadap Kinerja Belajar Mahasiswa
Nama penulis : M. Rangga WK (Universitas Paramadina Jakarta)

A.    Latar Belakang
Maler (1965), mendefinisikan kinerja sebagai keberhasilan seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Lawler dan Porter (1976), mendefinisikan kinerja sebagai succesful achievement yang diperoleh seseorang dari pekerjaannya.Sedangkan tingkat kinerja seseorang merupakan ukuran sejauh mana keberhasilan orang itu dalam melakukan tugasnya (As’ad,1984).

B.     Tujuan
a. Untuk mengetahui motivasi yang mendorong mahasiswa untuk belajar
b. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara motivasi mahasiswa laki-laki dan perempuan

C.    Metodologi
Metode dasar penelitian ini menggunakan kerangka berpikir Vroomian (1961).

D.    Tinjauan Pustaka
Motivasi adalah suatu variabel yang ikut campur tangan yang digunakan untuk menimbulkan faktor-faktor tertentu di dalam organisme, yang membangkitkan, mengelola, mempertahankan, dan menyalurkan tingkah laku menuju satu sasaran (J.P. Chaplin, 2001).

E.     Teori
Memurut terori David McClelland(1966) bahwa kekuasaan, afiliasi dan prestasi adalah motivasi yang kuat pada setiap individu. McClelland mengajukan teori yang berkaitan dengan konsep belajar,karena kebutuhan ini dipelajari.

F.     Hasil
1.      Deskripsi
Deskripsi tentang motivasi mahasiswa Universitas Paramadina hasil deskripsi dapat dilihat pada gambar 2. Dari gambar dapat dilihat variabel need of achievement ialah variabel motivasi yang paling besar pada motivasi mahasiswa paramadina dengan nilai mean 5.3351 lebih besar dibandingkan dengan variabel need of affiliation dengan nilai 5.0697. Hal yang dapat dilihat dari deskripsi ini adalah bahwa sebagian besar mahasiswa mempunyai need of achievement yang tinggi.

G.    Kesimpulan
Dari hasil penelitian ini dapat diberikan saran-saran bagi peneliti tertarik untuk meneliti dan mengembangkan penelitian ini lebih lanjut dapat menggunakan variabel yang lebih lengkap dan menambahkan variabel diluar variabel yang ada pada penelitian ini, hal ini berdasarkan nilai total variance explained yang hanya sebesar 37.542% dan nilai koefisien determinasi sebesar 4%.

H.    Daftar Pustaka
http://jurnal.upi.edu/file/M._Rangga_.pdf    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar