Minggu, 10 Januari 2016

Tugas SoftSkill Review Jurnal Job Enrichment

Kelompok Kamboja :
Ami NurDianah
DindaKhairunissa
KhairunnisaFadhilah
Ni KomangIntan D.M
Oktavia Sabiela

Judul Jurnal     : The JOB ENRICHMENT CAUSES HIGH LEVEL OF
EMPLOYEE COMMITMENT DURING 
THE PERFORMANCE OF THEIR
Nama Penulis  : M Khyzer Bin Dost, Zia-ur-Rehman (PAKISTAN)


          Latar Belakang

Melibatkan pekerjauntuk mengelola fungsi jajaran yang lebih tinggi disebut Job Enrichment atau pengayaan pekerjaan. Di sisi lain pekerjaan semakin besar dan memungkinkan pekerja untuk melakukan lebih banyak tugas dengan memiliki posisi yang sama. Job Enrichment atau pengayaan pekerjaan juga meningkatkan aktualisasi diri, kontrol diri dan harga diri para pekerja. Hal yang mengarah ke keberhasilan kinerja karyawan (Vroom, 1964; Swinth, 1971).
Rencana pengayaan kerja harus dikelola untuk memastikan bahwa  karyawan berpatisipasi dalam keputusan operasional. Karyawan harus diberdayakan untuk membuat mereka mampu mencapai tujuan organisasi dalam waktu jatuh tempo. Karyawan harus diaktifkan dalam cara tersebut sehingga mereka dapat mengevaluasi kinerja mereka sendiri sendiri tanpa keterlibatan orang lain dan otoritas tingkat yang lebih tinggi dari perusahaan. Juga karyawan harus dibuat mampu mengevaluasi dan kemudian mengelola kinerja mereka sesuai menurut cara mereka sendiri dan standar mereka sendiri.


      Tujuan
a.     Untuk menemukan bahwa apakah adanya hubungan antara pengayaan kerja dan komitmen karyawan. Pengayaan pekerjaan memiliki begitu banyak efek pada tingkat komitmen karyawan.
b.    Untuk memeriksa bahwa bagaimana dampak pengayaan pekerjaan pada komitmen karyawan di kedua organisasi sektor publik dan swasta melalui kepuasan karyawan.
c.     Perusahaan-perusahaan dapat meningkatkan produktivitas mereka dengan cara meningkatkan komitmen karyawan melalui memperkaya pekerjaan mereka.

    Metodologi
Kuesioner yang digunakan untuk mengukur dampak pekerjaan pengayaan pada komitmen karyawan. Kuesioner ini kemudian dianalisis melalui software SPSS.

1. SAMPLING
Dalam penelitian ini, data yang dikumpulkan dari karyawan sektor publik dan swasta dari Lahore, Rawalpindi, Faisalabad dan Islamabad. Total 400 responden didekati untuk pengumpulan data. Dari ini 400 responden, 396 yang menjawab dengan benar dan 4 kuesioner dibuang. Jadi ukuran total sampel penelitian kami adalah 396 karyawan di organisasi publik dan swasta. Karyawan responden berasal dari departemen yang berbeda terkait dengan Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, Audit & Akuntansi dan Departemen Teknis.

2.  ANALISI DATA
Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang kemudian dimasukkan dalam statistik Paket untuk Ilmu Sosial (SPSS).

    KESIMPULAN
Jurnal ini dibuat untuk mengkaji efek pengayaan pekerjaan pada komitmen karyawan saat diperiksa. Menunjukkan bahwa ada tingkat saling ketergantungan moderat antara Komitmen Karyawan dan Job Enrichment. Di sini, Cochran nilai Q adalah 1745.426 yang lebih besar dari nol atau kita dapat mengatakan bahwa itu adalah non-nol. Dengan demikian Job Enrichment memiliki efek moderat komitmen karyawan dalam sebuah organisasi. Jadi kita akan menolak hipotesis nol dan menerima hipotesis alternatif. Motode yang di gunakan adalah pengumpulan data melalui kuesioner kemudian dianalisis melalui software SPSS, dalam penelitian ini, data yang dikumpulkan di peroleh dari karyawan sektor publik dan swasta dari Lahore, Rawalpindi, Faisalabad dan Islamabad. Total 400 responden didekati untuk pengumpulan data. Dari 400 responden, 396 yang menjawab dengan benar dan 4 kuesioner dibuang. Jadi ukuran total sampel penelitian ini adalah 396 karyawan di organisasi publik dan swasta. Karyawan responden berasal dari departemen yang berbeda terkait dengan Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, Audit & Akuntansi dan Departemen Teknis.



     Daftar Pustaka

http://www.arabianjbmr.com/pdfs/OM_VOL_1_(9)/10.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar