Selasa, 06 Oktober 2015

PSI MANAJEMEN :Tugas 1

Kelompok Kamboja
  1. Ami Nur Dianah
  2. Dimas Aryo Anandito
  3. Dinda Khairunissa
  4. Khairunnisa Fadhilah
  5. Ni Komang Intan D.M
  6. Oktavia Sabiela
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Komunikasi merupakan interaksi sosial yang sering terjadi dikehidupan sehari-hari. Komunikasi banyak macamnya yaitu dengan cara menggunakan, simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafik dan lain-lain, yang dibuat untuk menginterpretasikan makna didalam lingkungannya dan disetujui oleh masyarakat (spanduk, koran, pamflet dll). Komunikasi juga merupakan proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) kepada individu lain. Komunikasi biasa dilakukan dengan cara verbal (berbicara, berpidato) atau nonverbal (tersenyum, menaikan bahu, menggelengkan kepala, melambaikan tangan dll). Komunikasi juga dilakukan secara langsung (tatap muka, melihat gerak gerik lawan bicara) dan tidak langsung (komunikasi media melalui video chatting, atau telfon).
1.2.Rumusan Masalah
  1. Pengertian dan Teori komunikasi
  2. Dimensi-dimensi dalam Komunikasi
1.3.Tujuan Masalah
Dapat memahami dan menjelaskan definisi komunikasi, dimensi-dimensi komunikasi yang meliputi Isi, Kebisingan, Jaringan dan Arah.
BAB II
PEMBAHASAN
  1. Pengertian Komunikasi
Kalau kita membahas lebih lanjut apa itu komunikasi. Komunikasi berasal dari bahasaLatin, ”comunicare”, artinya “to make common” – membuat kesamaan pengertian, kesamaan persepsi. Akar kata Latin lainnya “communis” atau “communicatus” atau “common” dalam bahasa Inggris yang berarti “sama”, kesamaan makna (commonness). Ada juga akar kata Latin ”communico” yang artinya membagi. Maksudnya membagi gagasan, ide, atau pikiran.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (1995) mengartikan komunikasi sebagai ”Pengiriman dan pemerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami”.
The Oxford English Dictionary mengartikan komunikasi sebagai “The imparting, conveying, or exchange of ideas, knowledge, information, etc.“ (Pemberian, penyampaian, atau pertukaran ide, pengetahuan, informasi, dsb).
Komunikasi menurut beberapa para ahli, Diantaranya :
Harold D. Lasswell
Sebagaimana  dikutip oleh Sendjaja (1999: 7) cara yang baik untuk menggambarkan komunikasi adalah dengan menjawab pertanyaan berikut : who say what in which Channel To Whom With What Effect ? (siapa mengatakan apa dengan saluran apa kepada siapa dengan efek bagaimana ?
E.O. Wolman
  1. Penyampaian perubahan energi dari suatu tempat ke tempat lain seperti dalam system saraf atau penyampaian gelombang-gelombang suara.
  2. Penyampaian atau penerimaan signal atau pesan oleh organisme.
  3. Pesan yang disampaikan.
Lewin
Pengaruh satu wilayah pesona pada wilayah pesona yang lain sehingga perubahan dalam satu wilayah menimbulkan perubahan yang berkaitan pada wilayah lain.
Gode (1969 :5)
Komunikasi adalah  suatu proses yang membuat kebersamaan bagi dua atau lebih yang semula monopoli oleh satu atau beberapa orang.
Evertt m. Rogers dan Lawrence Kincaid (1981; 18)
Komunikasi adalah suatu  proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi antara satu sama lain, yang pada gilirannya terjadi saling pengertian yang mendalam.
  1. Dimensi Komunikasi
Dimensi-dimensi komunikasi meliputi :
1) Isi
Isi adalah apa yang dibicarakan dalam komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain atau bahkan lebih. Hal ini sering terjadi dalam masyarakat misal dalam hal jual-beli dipasar terdapat pesan/rangsangan (stimulus) antara dua atau lebih individu yang menyatakan pendapatnya.
2) Kebisingan
Kebisingan adalah tinggi rendahnya suara yaang terdengar dalam melakukan komunikasi. Seperti suara ketika memasuki waktu solat melalui gema adzan.
3) Jaringan
Jaringan adalah sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukan komunikasi. Diantaranya ada komunikasi yang bergantung  pada (jaringan satelit). Tak perduli seberapa jauh jarak antara setiap individu.
4) Arah
Komunikasi terdiri dari 2 macam arah yaitu :
  • Komunikasi satu arah adalah hanya ada satu orang berbicara menyampaikan infomasi untuk satu orang atau lebih contohnya: iklan, promosi produk tertentu, atau guru yang sedang mengajar dikelas.
  • Komunikasi 2 arah adalah adanya interaksi antara satu orang menyampaikan informasi satu orang atau lebih juga ikut berbicara sehingga terciptanya interaksi untuk menyampaikan beberapa informasi. Misal : interaksi antara setiap mahasiswa yang melakukan diskusi didalam kelas.
Daftar Pustaka
Wiryanto, 1989. Pengantar ilmu Komunikasi. Grasindo Gramdia widjasarana Indonesia : Jakarta Nawangsari, Sri. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar